Tips Memilih Nama Domain yang Baik dan Menarik

32 views

Dalam dunia blogging salah satu unsur terpenting yang harus kalian perhatikan adalah memilih nama domain. Karena domain adalah salah satu faktor yang paling menentukan berhasil atau tidaknya  blog kalian. Jika kalian memiliki suatu usaha seperti restoran, minimarket, atau  usaha-usaha lainnya, pasti salah satu strategi kalian untuk meningkatkan usaha kalian adalah dengan memilih nama yang baik, ya kan?.

Nah, nama domain dalam blog atau website  itu sama halnya dengan memilih nama suatu usaha, harus baik dan menarik. Nama domain juga dapat menentukan identitas blog kalian. Maka dari itu, kalian harus berhati-hati dalam memilih nama domain, jika blog kalian ingin selamat dan memiliki banyak pengunjung nantinya.

Jika kalian melakukan kesalahan dalam memilih nama domain untuk blog atau website anda, akibatnya bisa menjadi sangat fatal. Sebagai contoh,  kalian menamakan domain blog kalian dengan nama yang aneh dan susah diingat, kemungkinan besar pengunjung kalian tidak akan berkunjung ke blog kalian lagi. Mengapa? karena nama domain blog kalian susah diingat, maka saat pengunjung ingin balik lagi ke blog kalian, pengunjung akan lupa dan akhirnya tidak jadi berkunjung.

Maka dari itu saya akan memberikan beberapa tips untuk membantu kalian dalam memilih nama domain yang baik dan menarik.

 

1. Dapat Mewakili Situs

Inilah hal terpenting dalam memilih domain. Nama domain kalian harus dapat mewakili situs kalian. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, nama domain itu ibarat nama usaha yang kalian miliki.

Jika kalian memiliki usaha penjualan komputer, pasti kalian akan menamakan usaha kalian dengan nama yang ada hubungannya dengan dunia komputer, kan gak mungkin kalau kalian menamankannya dengan nama ‘Ayam Bakar Sedap’. Kalian hanya akan membuat pengunjung atau pelanggan bingung jika kalian tetap melakukannya.

Sama dengan nama domain situs, nama domain kalian harus bisa mewakili situs kalian. Jika kalian memiliki situs uang berisi informasi seputar dunia game, maka sebaiknya kalian juga memberikan nama yang berbau game kedalam domain kalian.

 

2. Mudah diingat

Benar, dalam memilih nama domain salah satu hal penting yang harus kalian ketahui adalah memilih nama domain yang mudah diingat. Karena dengan nama yang mudah diingat, pengunjung dapat dengan mudah menemukan blog kalian jika sewaktu-waktu ingin berkunjung ke blog kalian lagi.

Domain yang mudah diingat adalah domain yang berisi kata-kata atau kalimat singkat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari. Sebagai contoh, kalian ingin membuat blog yang bertemakan komputer, maka ada baiknya jika kalian menamakan domain kalian dengan nama ‘infokomputer.com’ atau ‘duniakomputer.com’, jangan seperti ini”dhdkomputergh.com’.

 

3. Mengandung Kata Kunci

Kalau yang ini sebenarnya lebih berpengaruh ke mesin pencari. Tujuan utama dari tips ini memang tidak terlalu ditujukan ke pembaca, melainkan ke mesin pencari seperti Google. Tips atau optimasi seperti ini digolongkan sebagai Seo On Page. Dalam optimasi seo, nama domain memiliki pengaruh yang cukup besar dalam seo.

 

4. Buat Sesingkat dan Sejelas Mungkin

Salah satu cara untuk membuat nama domain kalian menjadi mudah diingat adalah dengan membuatnya sesingkat mungkin. Selain karena mudah diingat, nama domain yang singkat juga terkesan lebih profesional.

Domain yang baik adalah domain yang singkat dan dapat mewakili situs kalian. Jangan memberi nama domain yang singkat tetapi tidak bisa menjelaskan isi yang ada di dalam blog. Dengan begitu, pengunjung jadi akan lebih tertarik untuk memilih blog kalian sebagai sumber informasi yang ia cari di mesin pencari.

Contohnya seperti ini, jika kalian ingin membuat blog yang berisi tips blogging, akan lebih baik jika kalian menamakannya dengan ‘tipsblogginglengkap.com’ daripada menamakannya dengan nama’tipslengkap.com’. Walaupun sama-sama menggunakan kata ‘tips’, tapi domain kedua tidak dapat menjelaskan tips apa yang dimaksud karena hanya menggunakan kata ‘lengkap’, sedangkan untuk domain yang kedua dalam sekalu lihat pengunjung pasti dapat mengetahui artikel-artikel yang dimuat di dalam domain pertama.

 

5. Usahakan untuk Menggunakan Domain Berbayar

Saat ini ada banya sekali jenis domain berbayar yang dapat kalian gunakan seperti .com, .net, .info, .in, dan masih banyak lagi. Sesuai dengan namanya, untuk menggunakan domain jenis ini kalian membutuhkan uang untuk menggunakannya.

Jika kalian memiliki situs yang digunakan untuk jual beli online, saya  sangat merekomendasikan agar kalian menggunakan domain-domain berbayar. Mengapa? karena dengan domain berbayar situs kalian akan tampak profesional dan lebih terpercaya. Walaupun berbayar, tapi hasil yang bisa kalian dapatkan pasti dapat melebihi biaya pengeluaran kalian untuk membeli atau menyewa domain.

 

6. Hindari Penggunaan Angka dan Tanda

Menggunakan angka dan tanda hanya akan mebuat situs anda menjadi susah untuk diingat. Ada beberapa orang yang memberikan nama domainnya dengan tanda seperti (-) dengan tambahan angka. Entah apa tujuannya, yang jelas itu hanya akan membuat pengunjung kebingungan ketikan ingin mengunjung blog kalian lagi.

Saat orang akan mengingat suatu domain, biasanya yang paling  diingat adalah nama domain tersebut, bukan pemberian angka atau tanda yang ada di dalam domain. Dan pada saat pengungjung ingin berkunjung lagi ke blog kalian tapi ia melupakan angka atau tanda yang ada di blog kalian. Apa yang terjadi? blog kalian tidak dapat dikunjungi, dan membuat pengunjung blog kalian teralihkan ke blog lain.