11 Tips Blogging Terbaik untuk Blogger Pemula (Pemula Harus Baca)

Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, termasuk dunia blogging. Masyarakat pun perlahan-lahan mulai menganggap kegiatan ini sebagai kegiatan yang dirasa cukup menarik.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang mencoba untuk ikut bermain bahkan tidak sedikit yang ingin mencari peruntungan melalui dunia blogging. Masuk akal, karena memang banyak sekali orang-orang sukses yang pendapatannya berasal dari kegiatan ini.

Dengan banyaknya jumlah blog yang tersebar di internet, mungkin sekitar jutaan. Pertanyaanya, apa kalian bisa bersaing dengan mereka-mereka yang sudah lama?

Tenang, kali ini saya akan memberikan tips untuk kalian yang masih pemula tentang tips blogging terbaik yang memang dikhususkan untuk para pemula.

Yang saya maksud pemula disini, selain karena pengetahuannya yang belum terlalu banyak, lebih direkomendasikan lagi untuk yang belum punya blog tapi ingin memulai kegiatan blogging.

Kenapa lebih direkomendasrikan untuk yang belum punya blog? Untuk menjawabnya, mending langsung simak aja tipsnya.

 

1.  Tentukan Tujuan

Ketika melakukan suatu hal, seseorang pasti memiliki tujuan tersendiri, dalam dunia blogging juga begitu.

Kalian harus mengetahui apa tujuan sebenarnya dari kalian ngeblog.

Mungkin beberapa pertanyaan ini dapat membantu kalian.

  • Apa tujuan kalian ngeblog?
  • Ingin dapat apa dari ngeblog?
  • Ingin sukses dalam bidang blogging?
  • Blog kalian ingin ditujuan ke siapa?

Jika beberapa pertanyaan diatas sudah bisa kalian jawab, selamat, itu artinya kalian sudah memiliki tujuan yang lumayan kokoh.

Tujuan yang kokoh dapat membuat blog kalian bertahan lama, perhatikan hal ini jika tidak ingin blog kalian berhenti di tengah jalan nantinya.

 

2. Passion 

Passion? Kayak dunia bisnis dan perkuliahan aja.

Percaya atau tidak passion juga dibutuhkan dalam dunia blogging, apalagi bagi kalian yang ingin mencari penghasilan dan ingin menekuni dunia blogging dengan serius.

Untuk pengertian pastinya sendiri saya kurang tahu. Yang saya tahu sih seperti ini.

Passion adalah suatu hal yang disukai yang membuat seseorang berbuat lebih dari biasanya agar bisa mencapainya dan membuatnya mampu melewati berbagai rintangan.

Kalau salah mohon dikoreksi ya. Untuk pengertian yang lebih pasti, kalian bisa mencarinya di Google atau di buku.

Masih belum paham apa manfaatnya? Langsung lihat kata bijak dari para ahlinya aja deh.

Apa yang Anda pilih untuk dilakukan adalah sesuatu yang harus Anda sukai karena jika tidak, Anda tidak akan memiliki ketekunan untuk melaluinya. – Steve Jobs

Tidak ada yang peduli jika Anda tidak dapat menari dengan baik. Bangunlah dan menarilah. Penari hebat menjadi hebat karena passion yang mereka miliki. – Martha Graham

Mengembangkan passion untuk belajar. Jika Anda melakukannya, Anda tidak akan pernah berhenti bertumbuh. – Anthony J. D’Angelo

 

3. Tentukan Niche

Niche dan passion bisa dibilang masih memiliki hubungan dekat dalam dunia blogging.

Jika Passion adalah suatu hal yang dapat membuat kamu lebih bersemangat dalam melakukan suatu hal, maka niche adalah suatu hal yang kalian sukai tadi.

Kalau kalian memilih niche yang sesuai dengan passion yang kalian miliki. Tahu apa artinya? Artinya semangat ngeblog kalian akan meningkat.

Dan juga, passion dapat kalian jadikan sebagai motivasi ketika kalian sedang malas ngeblog.

Tentu merupakan suatu hal yang sangat menguntungkan bukan? Semangat meningkat + motivasi tambahan.

Jika kalian suka ngeblog, kurang lengkap rasanya jika yang kalian tulis adalah sesuatu yang tidak kalian sukai.

Maka dari itu, tentukan niche berdasarkan passion yang kalian miliki.

 

4. Gunakan WordPress

Mengapa WordPress? kenapa gak Blogger aja? Karena menurut saya WordPress jauh lebih baik daripada Blogger.

Ingat, WordPress yang saya maksud disini bukan versi gratisnya, tapi versi berbayar atau yang lebih dikenal dengan istilah Self Hosted WordPress.

Memang bener sih, ada uang maka ada kualitas. Sama seperti WordPress Self Hosted.

Kelebihan dari WordPress sendiri tidak cuma satu atau dua, ada banyak. Mulai dari fitur plugin, pilihan theme yang sangat banyak, lebih baik dalam hal SEO, dll.

 

5. Mulailah Menulis, Jangan Copas

Kegiatan blogging identik dengan kegiatan menulis.

Maka dari itu jangan melakukan suatu hal yang jelas-jelas tidak baik, yaitu mengcopas artikel orang lain, apalagi jika tidak memberikan sumber.

Kalian pernah menulis kan? Pasti jawabannya iya, karena pas kalian masih kecil dulu, kalian pernah diajari oleh orang tua dan guru kalian untuk menulis.

Pertanyaan singkat, kalau bisa nulis ngapain mesti ngopas? Itu namanya mensia-siakan kemampuan sendiri.

Rugi dong ilmu yang udah diajarkan guru dan orang tua kalian dulu kalau tidak manfaatkan dengan baik.

Lebih baik gagal dalam orisinalitas daripada berhasil dalam imitasi. – Herman Melville

Orisinalitas adalah plagiariasme yang tidak terdeteksi. – William Ralph Inge

 

6. Jadilah Orang yang Konsisten

Jika kalian sudah berhasil menciptakan suatu artikel, selamat itu artinya kalian sudah menyelesaikan tahapan awal dari tips ini.

Sekarang mari ke tingkat selanjutnya.

Kali ini, kalian perlu menjadi orang yang konsisten. Konsisten dalam memposting artikel, blogwalking atau berkomentar di blog lain, membagikan artikel di media social, dll. Dan yang paling harus kalian perhatikan adalah posting artikel.

Menjadi pribadi yang konsisten sangat diperlukan untuk membangun sebuah blog yang bisa diharapkan pembacanya. Pembaca kalian akan tahu apa kehebatan blog kalian jika kalian konsisten dan hal itu dapat membuatnya kembali lagi dan lagi untuk membaca artikel terbaru dari kalian. Inilah salah satu impian terbesar para blogger untuk blognya.

Kepercayaan dibangun dengan konsistensi. – Lincoln Chafee

Mendapatkan audiens itu sulit. Mempertahankan audiens itu sulit. Dibutuhkan konsistensi, tujuan, dan tindakan dalam periode waktu yang lama. – Bruce Springsteen

 

7. Jangan Lupakan Desain

Setelah sadar akan ruginya mengcopas artikel orang lain, sekarang yang harus kalian perhatikan adalah desain.

Content is King,  Design is Queen – Anonymous

Saya tulis “Anonymous” karena saya lupa siapa yang membuat atau tempat menemukan quotes itu.

Walaupun konten yang kalian tulis merupakan tulisan original dan memiliki kualitas tinggi, tapi jika desain yang kalian gunakan tidak enak dipandang, maka konten kalian akan menjadi kurang berguna bagi sebagian orang.

Oleh sebab itu, pilihlam theme yang baik, gunakan font yang ukuran dan tampilannya enak dibaca, dan jangan buat paragraf yang berisi terlalu banyak baris.

 

8. Pandai Mengatur Waktu

Karena hampir semua orang memiliki kesibukan dan aktivitasnya masing-masing yang lebih diutamakan, maka kegiatan blogging mungkin akan di nomor duakan. Kecuali bagi seorang full time blogger yang memang pendapatan utamanya berasal dari blognya.

Maka dari itu, kalian harus pandai dalam mengatur waktu.

Untuk apa? macam-macam, seperti menulis postingan terbaru, blogwalking, dll.

Perlu kalian ketahui bahwa kegiatan diatas tidak bisa kalian lakukan hanya dengan beberapa menit. Agar hasil yang didapat optimal, paling tidak dibutuhkan waktu 2 sampai 3 jam untuk melakukannya.

 

9. Blogwalking Itu Penting

Blogwalking? Untuk apa? Banyak banget fungsinya.

Kalian bisa dapat backlink. Ingin mendapatkan posisi top 10 dihalaman pertama Google? salah satu caranya adalah dengan memiliki backlink berkualitas yang natural.

Blogwalking juga dapat membantu kalian dalam menjalin pertemanan antar sesama blogger dan jika beruntung blog kalian akan mendapat kunjung dan komentar balik.

Sekarang udah tau apa manfaat blogwalking kan? jika sudah, segera lakukan.

Baca: Tips dan Cara Melakukan Blogwalking yang Efektif dan Benar

 

10. Belajar SEO

Ingin punya banyak pengunjung? belajar SEO.

Saat ini banyak sekali orang diseluruh dunia yang menggunakan seacrch engine terutama Google untuk mencari informasi yang ia butuhkan. Tahu apa artinya? kalian harus belajar SEO.

Walaupun banyak sekali orang yang menggunakan search engine, belum tentu blog akan ramai pengunjung. Tahu mengapa? itu karena blog kalian kurang kuat dalam hal SEO.

Kalau mendapatkan hasil yang lebih efektif ketimbang nyari dari internet, mungkin kalian bisa ikut kursus dari master SEO di Indonesia, banyak kok, tapi ya itu, yang namanya kursus pasti bayar.

Mau yang gratis tapi memiliki informasi lengkap? coba buka dailyblogtips atau blog.hupspot. Udah di buka? Disana kalian akan menemukan banyak sekali tips SEO yang bisa kalian pelajari tanpa perlu menyiksa dompet kalian. Perlu diingat, 2 blog ini menggunakan sama-sama bahasa Inggris.

 

11. Jadilah Blogger yang Berbeda

Seperti yang saya katakan sebelumnya, saat ini, ada banyak sekali blog yang ada di internet, walaupun kalian memilih niche yang ini, pasti blog yang menggunakan niche ini juga jumlahnya sangat banyak.

Terus supaya blog kita terlihat berbeda gimana dong? Karena pada saat ini blog yang menggunakan niche sejenis kan jumlahnya sudah banyak sekali?

Membuat sesuatu yang berbeda, bukan berarti harus memiliki niche yang berbeda. Jadi tetap ikuti tips pertama hingga tips ketiga.

Seperti yang saya lakukan saat ini. Pertama, walaupun menggunakan niche tentang tips blogging, saya membuat tips yang saya jarang lihat di blog dengan niche blogging di indonesia, mungkin kalian juga merasakannya. Kedua, konten di blog ini rata-rata memiliki jumlah kata yang tergolong sangat banyak. Ketiga, terkadang saya menambahkan quotes dari tokoh terkenal dalam konten di blog ini.

Leave a reply "11 Tips Blogging Terbaik untuk Blogger Pemula (Pemula Harus Baca)"