Cara Memilih Niche yang Tepat untuk Blog Kalian

40 views

Menentukan niche adalah salah satu langkah awal yang harus segera kalian tentukan jika memang ingin memulai aktivitas blogging. Niche memiliki peranan yang sangat besar bagi keberhasilan blog kalian. Karena dengan memiliki niche yang jelas, kalian akan mendapatkan lebih banyak pengunjung loyal ketimbang blog dengan niche yang asal-asalan.

Ada beberapa keuntungan yang kalian dapatkan jika kalian memiliki blog dengan niche yang jelas. Yang pertama, pengunjung akan merasa lebih betah dalam menelusuri artikel-artikel di blog kalian, karena ia dapat mencari artikel yang ia cari tanpa harus bersusah payah tekan sini tekan situ. Kedua, pageview kalian akan meningkat, dengan memiliki banyak artikel yang berhubungan, pengunjung biasanya akan mengklik satu persatu artikel yang disediakan oleh blog kalian walaupun belum tentu benar-benar dibutuhkan.

Mengapa harus memilih niche dengan benar? karena niche merupakan salah satu faktor penentu  seberapa lama kalian akan bertahan dalam dunia blogging. Dengan memilih niche yang benar, semangat kalian ketika sedang menulis suatu artikel akan meningkat yang artinya, artikel yang kalian buat akan memiliki kualitas yang lebih baik. Berbanding terbalik jika kalian salah dalam memilih niche, kalian akan merasa bosan ketika ingin membuat sebuah artikel, dan ide baru akan menjadi lebih susah didapatkan.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu kalian dalam menentukan niche yang tepat untuk blog kalian:

 

1. Pilihlah Niche Berdasarkan Passion

Sebelum melanjutkan, mungkin ada beberapa diantara kalian yang belum mengetahui apa itu passion, maka dari itu saya akan memberi penjelasan singkat tentang pengertian passion. Passion adalah suatu hal yang sangat kamu sukai, dan jika dilakukan waktu akan berjalan sangat cepat.

Dari definisi singkat diatas, kalian akan mengetahui bahwa blogging itu memerlukan passion. Suatu hal jika dilakukan dengan senang hati, pasti hasilnya akan menjadi lebih baik. Begitu pun dengan blogging, semakin pas passion yang kalian miliki dengan niche blog kalian, maka hasil tulisan yang kalian hasilkan pasti akan menjadi lebih berkualitas. Tingkat kebosanan yang akan kalian alami juga pasti akan berkurang.

Contoh, jika kalian suka bermain sepak bola, akan lebih baik jika kalian membuat blog yang berisi berita atau tips seputar dunia sepak bola, ketimbang menulis blog tentang dunia teknologi.

 

2. Suka Mencari Informasi Tentang Niche yang Kalian Pilih

Setelah mengetahui passion yang kalian miliki, biasanya orang-orang akan tertarik untuk mencari sebanyak mungkin informasi yang berhubungan dengan passionnya.  Dengan begitu pengetahuan yang mereka miliki akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Dengan nafsu mencari informasi yang tinggi, ketika kalian kehabisan ide untuk membuat artikel baru, kalian dapat menulis artikel yang kalian baca di blog atau buku tempat kalian meninba ilmu untuk dijadikan bahan ide artikel kalian. Kalian jadi tidak perlu takut lagi terhadapat yang namanya kehabisan ide.

Tentunya kalian juga harus mengisi blog kalian dengan hasil ide dan kerja keras kalian, bukan hanya bergantung kepada orang lain saja. Kalian tidak mau kan blog kalian dianggap blog copas?

 

3. Perhatikan Tingkat Kepopuleran dan Persaingan

Salah satu agar blog kalian dapat dikunjungi banyak orang adalah dengan memilih topik atau niche yang populer dan banyak dibutuhkan orang lain. Hal ini sudah tidak perlu lagi kalian ragukan lagi kebenarannya.

Namun yang biasanya menjadi masalah adalah ketika kalian ingin membuat suatu blog dengan niche populer tapi memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Kalau saingannya masih sama-sama blog baru mungkin bukan masalah besar, yang menjadi masalah adalah ketika saingan kalian adalah blog-blog dengan nama besar yang sudah dikenal masyarakat luas.

Contoh, kalian ingin membuat blog yang berisi artikel tentang pengetahuan umum dengan harapan memiliki ribuan pengunjung per harinya. Harapan ini bisa saja terwujud jika kalian memulainya sebelum blog-blog populer seperti terselubung, apakabardunia, dan blog sejens lainnya lahir. Walaupun kalian memiliki konten yang serupa, tapi pengunjung pasti akan memiliki blog yang populer daripada memilih blog yang masih baru.

Memilih blog dengan niche yang  memiliki persaingan ketat itu sebenarnya tidak apa-apa, karena memang tidak ada peraturan yang melarangnya. Asal kalian mau berusaha untuk tetap memberikan hasil terbaik untuk blog kalian, mungkin kalian bisa merubah pandangan pengunjung agar lebih memilih blog kalian ketimbang blog lainnya.

 

4. Ketahui Tanggal Kadaluwarsa

Jangan salah pengertian ya, yang saya maksud dengan kadaluwarsa disini bukan kadaluwarsa yang ada di produk makanan atau minuman, tapi kadaluwarsa untuk niche yang kalian pilih. Kadaluwarsa dalam niche adalah ketika niche yang kalian pilih sudah jarang dicari dan dibutuhkan orang lain, bukan tidak bisa digunakan.

Niche yang baik juga harus memiliki tanggal kadaluwarsa yang lama agar blog yang menggunakan niche tersebut bisa tetap eksis ketika niche-niche baru lahir. Jangan sampai kalian menyesal nantinya ketika blog kalian tiba-tiba sepi pengunjung karena salah memilih niche.

Salah satu ciri niche yang akan bertahan dalam waktu yang sangat lama adalah niche yang berhubungan erat dengan kehidupan manusia. Contohnya, Otomotif, blog yang memberikan informasi dan tips seputar dunia mobil dan motor pasti akan bertahan sangat lama, mengingat sampai saat ini motor atau mobil masih digunakan oleh hampir semua orang di dunia.

 

5. Mengatur Waktu

Setelah memahami 4 tips sebelumnya, langkah selanjutnya yang harus kalian perhatikan adalah mengatur waktu jadwal posting kalian. Setiap niche memiliki durasi yang berbeda dalam penulisannya, ada yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit ada juga yang membutuhkan waktu 1 jam lebih.

Kalian harus memperhatikan hal ini jika kalian termasuk orang yang sibuk. Misalnya kalian adalah seorang pelajar kelas 12 yang sebentar lagi akan mengikuti ujian, selain harus belajar untuk mempersiapkan ujian, kalian juga harus ngeblog agar pendapatan kalian tetap mengalir karena blog kalian karena sudah bisa menghasilkan uang. Jika kalian pandai mengatur waktu, hal seperti ini mungkin bukan menjadi masalah. Kalian pasti punya waktu senggang kan disela-sela kesibukan kalian? jika ya, gunakan waktu senggang itu untuk ngeblog, jangan dipakai untuk hal-hal yang kurang penting.

Sebelumnya saya sudah mengatakan bahwa setiap niche memiliki durasi penulisan yang berbeda. Saya berikan contohnya, pasti akan lebih cepat menulis artikel yang berbau berita teknologi daripada menulis artikel yang berbau test ride motor. Karena jika kalian menulis berita teknologi, kalian dapat menemukan sumber informasi dari banyak sumber yang nantinya dapat kalian tuliskan di blog kalian. Berbeda jika kalian menulis sebuah test ride motor, kalian harus mengujinya terlebih dahulu sebelum menuliskannya di blog kalian, yang mungkin membutuhkan total waktu beberapa jam untuk membuat satu artikel saja.