Bagaimana Cara Membuat Artikel yang Disukai dan Membuat Pembaca Betah?

Salah satu tantangan tersulit yang dialami oleh seorang blogger adalah menciptakan sebuah artikel yang disukai oleh pembaca.

Dengan banyaknya persaingan dalam dunia blogging tentu membuat artikel yang disukai pembaca bukan langkah yang mudah dicapai.

Ketika kalian memposting suatu artikel, apa kalian pernah memikirkan pembaca yang sedang membaca artikel kalian? Menurut kalian apa ia menyukainya?

Untuk menjawabnya ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan.

Pertama, kalian baca tulisan kalian sendiri, dan kalian nilai sendiri tulisan kalian tadi.

Jika menurut kalian hasilnya memuaskan dan kalian menyukainya. Selamat, itu artinya ada kemungkinan besar bahwa pembaca kalian juga menyukainya.

Kalau kalian sendiri sebagai penulisnya saja tidak menyukainya, apalagi pembaca.

Kedua, gunakan tool yang memiliki fitur untuk mengetahui pageview dan durasi rata-rata pengunjung berada di blog kalian seperti Google Analytics dan Alexa Rank.

Kalau kalian berhasil mendapatkan paling tidak 2,5 pageview dan 2 menit kunjungan rata-rata, itu berarti artikel kalian sudah lumayan disukai pembaca.

Perlu kalian ketahui bahwa faktor yang menentukan suka atau tidaknya pembaca dengan artikel blog kalian tidak hanya ditentukan oleh kemampuan menulis kalian, masih ada faktor-faktor lainnya seperti desain dan loading.

Nah, bagi kalian para blogger yang belum bisa memenuhi 2 hal diatas, simak 6 tips membuat artikel disukai pembaca ini, bagi yang udah juga boleh kok.

1. Menulislah untuk Pembaca, bukan Mesin Pencari

Ketika kalian menulis suatu artikel yang panjang, anggap aja 1000 kata, apa yang di dalam pikiran kalian?

Apa kalian berpikir bahwa artikel dengan 1000 kata itu baik untuk pembaca, baik untuk SEO, atau bahkan baik untuk keduanya?

Terkadang ada seorang blogger yang hanya memikirkan apa artikelnya sudah baik untuk mesin pencari apa tidak, tanpa memperdulikan pembacanya.

Pada kenyataanya, mesin pencari berfungsi sebagai perantara untuk mempertemukan suatu blog dengan pembaca, dan yang membaca artikelnya adalah si pembaca itu sendiri.

Mengapa terlalu fokus menulis ke mesin pencari dan melupakan pembaca itu tidak baik?

Salah satu cara agar artikel kalian muncul di halaman pertama Google adalah dengan mengisi artikel kalian dengan kata kunci yang kalian bidik.

Terus apa masalahnya? Karena terlalu fokus pada kata kunci, artikel yang kalian buat nantinya akan menjadi ladang kata kunci yang pastinya akan mengganggu pembaca.

Ingat, keyword hanya salah satunya saja, masih banyak hal-hal lainnya yang jika dilakuan terlalu berlebihan akan mengakibatkan ketidaknyamanan.

2. Kenali Pembaca dan Tulislah Sesuatu yang Bermanfaat

Saat seseorang membuka suatu artikel atau suatu blog pasti terdapat alasan tersendiri mengapa ia melakukannya.

Entah itu karena ia membutuhkannya atau karena hal lainnya.

Seorang pembaca tidak akan mau membaca suatu artikel sebarapa pun lengkapnya artikel tersebut, jika artikel tersebut dirasa tidak penting baginya.

Untuk membuat suatu artikel yang bermanfaat, kalian diharuskan untuk mengenali siapa pembaca kalian.

Mengapa? karena selera orang berbeda-beda. Contoh, menurut si A artikel kalian sangat bermanfaat baginya, namum belum tentu si B berpendapat demikian.

Yang saya maksud mengenali disini bukan mengenali nama dan menannyai nomor teleponnya loh ya. Maksud saya disini adalah mengenali apa yang ia cari dan yang apa yang ia butuhkan dari blog kalian.

Di artikel sebelumnya, saya pernah membahas tentangĀ manfaat memiliki blog niche.

Dengan blog niche, kalian dapat mengetahui apa yang pembaca kalian butuhkan dengan lebih mudah. Karena artikel kalian hanya membahas suatu topik tertentu, maka yang pengunjung kalian butuhkan pasti gak jauh dari topik tersebut.

Setelah mengenali pembaca, mulailah membuat sesuatu yang bermanfaat.

Ambil contoh, blog kalian memiliki pembaca yang banyak berasa dari kalangan gamer, maka sebaiknya kalian memposting artikel seputar dunia gamer, jangan memposting artikel seputar dunia fashion, pasti yang baca sedikit nanti.

3. Cobalah untuk Membaca Tulisan Sendiri

Sebelumnya saya sudah menjelaskan bahwa salah satu cara untuk mengetahui suka atau tidaknya pembaca dengan tulisan kalian adalah dengan membaca dan menilainya sendiri.

Memang benar bahwa artikel yang baik adalah artikel yang ditujukan untuk pembaca.

Terus buat apa kita harus membaca hasil tulisan sendiri?

Selain untuk menilai, kegiatan ini juga dapat kalian manfaatkan untuk mengkoreksi tulisan kalian.

Setelah menilai suatu pekerjaan dalam bahasan ini tulisan dan kalian menemukan suatu kesalahan, apa yang akan kalian lakukan selanjutnya? Jelas mengkoreksinya.

Dan cara termudah untuk menemukan kesalahan dalam hasil tulisan kalian adalah dengan membacanya.

Apa yang akan dikoreksi? Kalian bisa mencari dan membenahi ejaan atau tanda baca yang salah dalam tulisan kalian.

Gak butuh waktu lama kok, gak sampai 10 menit.

4. Buat Agar Enak Dibaca

Apa gunanya artikel yang tanda baca dan ejaanya sudah benar serta sudah dibuat sebaik mungkin untuk ditujukan ke pembaca tapi tetap gak enak dibaca?

Ingat, walaupun tiga tips sebelumnya sudah kalian laksanakan dengan baik, tapi artikel kalian masih tetap susah dibaca, bisa dibilang percuma.

Mengapa percuma? Iyalah yang baca aja gak ada, langsung kabur pas pertama kali melihat.

Kenapa pada kabur? Karena tampilan yang jelek.

Selain tulisan yang berkualitas, kalian juga membutuhkan desain yang berkualitas.

Menurut saya, desain yang berkualitas adalah desain yang nyaman dan enak dipandang.

Pilihlah theme yang menurut kalian pas dan enak dipandang untuk blog kalian.

Jika font yang kalian gunakan saat ini dirasa kurang nyaman, segera ganti. Untuk saat ini saya menggunakan Cabin sebagai font untuk paragraf, heading 1 dan heading 4.

Oh iya, perhatikan juga paragraft kalian. Salah satu tehnik yang menurut saya sangat ampuh untuk memperindah tampilan artikel kalian adalah membuat paragraf yang hanya berisi beberapa baris saja. Seperti 1 hingga 3 baris. Semakin sedikit semakin baik.

5. Jangan Setengah-Setengah dalam Memberi Informasi

Ketika kalian melakukan suatu hal, lakukan dengan seluruh kemampuan kalian, jangan setengah-setengah.

Sama halnya dengan ngeblog. Jika kalian memang mengetahui sesuatu yang belum kalian tuliskan dalam artikel kalian, segera tulis, jangan kalian simpan sendiri, berbagilah dengan orang lain.

Semakin lengkap artikel kalian, selain semakin bagus dimata pengunjung, juga bagus dimata mesin pencari. Tentu merupakan suatu yang sangat menguntungkan bukan?

Kalian dapat memperlengkap informasi artikel kalian dengan mencari infonya di Google. Saya sendiri sangat sering melakukan hal ini.

Contoh, kalian ingin membuat artikel tentang cara mendapat pagerank. Untuk mendapatkan tips dan informasi yang lebih lengkap, kalian bisa melakukan searching di Google dengan keyword “Cara Mendapatkan Pagerank Google“.

Yang perlu kalian ingat adalah jangan hanya mengambil informasinya dari satu sumber saja, ambil dari beberapa sumber, dan gabungkan menjadi satu ke dalam artikel kalian.

Jika dirasa masih kurang, gunakan google.com untuk mencari infomasi yang kalian butuhkan di blog atau web berbahasa inggris.

6. Mengupdate Konten Secara Terus Menerus dengan Memperhatikan Kualitas

Selain konten yang berkualitas tinggi, ada satu lagi faktor penting yang harus kalian perhatikan, yaitu mengupdate konten secara terus menerus dengan tetap memperhatikan kualitas.

Melihat konten blog kalian, tanpa pikir panjang,pembaca pasti akan segera membacanya.

Pertanyaannya, apa yang akan dilakukan pembaca kalian setelah menyelesaikan bacaanya? apakah ia akan langsung meninggalkan blog kalian?

Tentu tidak, jika dibacaan pertamanya tadi, ia menemukan sesuatu yang bermanfaat.

Yang perlu kalian perhatikan adalah jangan pernah memposting sebuah konten yang kalian rasa tidak penting.

Karena jika pembaca kalian sampai membacanya dan ia kemudian merasa bosan.

Jangan harap pembaca kalian tadi akan betah berlama-lama di blog kalian. Ia akan langsung meninggalkan blog kalian di bacaan pertamanya.

Untuk itu berhati-hatilah dalam memposting suatu tulisan, bukannya untung yang ada malah rugi entar.

Tags: #Blogging #Blogging Wordpress #Komentar Loading Niche #Penulisan Konten #Tahap Awal

Leave a reply "Bagaimana Cara Membuat Artikel yang Disukai dan Membuat Pembaca Betah?"