6 Cara Mudah Menulis Judul Artikel yang Mampu Menarik Pengunjung

Dengan banyaknya persaingan yang muncul dalam dunia blogging. Apa yang akan kalian lakukan untuk menarik pembaca agar mau berkunjung ke blog kalian?

Mungkin kalian berpikir tentang desain yang menarik dan enak dipandang, konten yang lengkap dan enak dibaca, pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi, dsb. Apa menurut kalian beberapa hai itu sudah cukup? kalau menurut saya, jelas belum.

Ada satu hal yang harus kalian perhatikan, yaitu pemilihan judul artikel yang tepat.

Judul artikel adalah hal pertama yang akan dilihat pengunjung kalian, terutama pengunjung yang masih baru ketika sedang mencari suatu informasi.

Coba bayangkan, ketika ada seseorang yang sedang mengetik kata kunci untuk mencari suatu artikel tentang tips blogging di Google, dari sekian banyak referensi yang ada, menurut kalian ia akan memilih berdasarkan apanya? desain kah atau mungkin konten?

Jelas bukan, yang pertama dilihatnya adalah judul artikelnya.

Saat ini, banyak sekali orang yang memilih mencari informasi dengan cara yang mudah dah simpel, dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan Google. Disana, konten dan desain suatu blog tidak akan muncul di hasil pencarian, yang terlihat hanyalah judul dan deskripsi artikel.

Kesalahan dalam menulis judul artikel dapat membuat kata-kata yang sudah susah payah kalian tulis dalam konten kalian menjadi kurang bermanfaat karena sedikit yang mau mengkliknya.

Karena sedikitnya jumlah pembaca tadi, otomatis pageview blog kalian akan menurun, dan hal itu merupakan salah satu indikasi kepada search engine bahwa konten blog kalian kurang disukai pengunjung, yang tentu saja itu tidak baik bagi blog kalian.

Jika kalian ingin tahu cara menulis judul artikel yang mampu menarik pengunjung, silahkan simak 6 tips menulis judul artikel ini:

1. Jelas dan Mudah Dimengerti

Jelas dan mudah dimengerti. 2 hal ini harus kalian perhatikan ketika ingin membuat judul blog.

Kalian harus bisa membuat judul artikel yang dapat membuat pembaca langsung mengerti apa yang ingin kalian sampaikan melalui konten kalian ketika ia baru melihatnya.

Salah satu alasan mengapa pengunjung ingin mengunjungi dan membaca suatu artikel adalah karena ia membutuhkannya.

Dengan judul yang jelas dan mudah dimengerti, kalian dapat menarik pengunjung yang sedang membutuhkan informasi tadi ke blog kalian. Caranya adalah dengan meracik susunan kata hingga menjadi suatu judul artikel yang mudah dimengerti.

Contoh, kalian ingin membuat artikel tentang tips blogging tentang menulis artikel yang fokusnya pada wordpress, bukan blogger, drupal, dll. Maka, judul yang sebaiknya kalian gunakan adalah “Tips Menulis Artikel yang Baik dan Menarik di WordPress“.

Dengan melihat judul diatas, pengunjung pasti akan segera mengetahui konten apa yang ingin disampaikan oleh si penulis.

2. Buat Seunik Mungkin 

Membuat judul artikel yang unik tentu merupakan suatu nilai positif tersendiri bagi suatu blog. Dengan judul artikel yang unik inilah, pengunjung kalian akan berfikir bahwa artikel di blog kalian berbeda dengan yang lainnya.

Suatu blog terutama blog yang belum populer akan susah mendapatkan pengunjung ketika judul artikel di blognya hanya mengikuti judul artikel yang biasa digunakan blogger lain.

Mengapa saya menuliskan blog yang belum populer? karena menggunakan judul yang sama dan banyak digunakan blogger lain, ketika artikel blog yang belum populer disandingkan dengan artikel dari blog yang populer, maka otomatis pengunjung akan tersugesti agar memilih blog yang sudah populer karena dalam pikirannya, blog yang populer pasti akan menyajikan informasi yang lebih lengkap.

Namun, sugesti itu dapat kalian rubah dengan membuat judul yang unik dan berbeda.

Melihat judul yang berbeda, terutama perbedaan yang lebih menarik, pengunjung pun akan berpikir bahwa blog yang judulnya lebih menarik tadi memiliki artikel yang lebih kaya informasi.

3. Gunakan Kata-Kata yang Menarik

Untuk membuat judul artikel yang unik, kalian membutuhkan satu atau beberapa kata yang mampu melakukannya.

Kata-kata yang saya maksud disini adalah kata-kata yang dapat meningkatkan minat pembaca untuk membuka artikel kalian. Bisa dibilang juga sebagai pelengkap judul artikel.

Ambil contoh dari judul artikel yang ada saya gunakan saat ini, “6 Cara Mudah Menulis Judul Artikel yang Mampu Menarik Pengunjung“. Disini saya menggunakan kata “mudah”, “mampu”, “menarik”, dan “pengunjung” untuk membuat artikel ini semakin menarik agar bisa mendapatkan lebih banyak pembaca.

Saat belum dioptimasi, judul artikel ini awalnya adalah “6 Cara Menulis Judul Artikel Blog“.

Pertanyaannya, mana yang lebih menarik? judul yang pertama atau yang kedua? Silahkan pilih sendiri.

4. Gunakan Anda, Kamu atau Kalian

Menggunakan salah satu dari ketiga kata diatas berguna untuk meningkatkan pendekatan antara kalian sebagai blogger dengan pembaca kalian.

Dengan kata-kata diatas, pengunjung akan merasa terpanggil oleh kalian untuk segera membuka artikel yang dimaksud. Yang tentu saja akan sangat menunguntungkan untuk blog kalian karena dapat meningkatkan pageview.

Dari ketiga kata diatas, kalian hanya perlu memilih salah satunya saja, jangan semuanya, bukannya menrik pengunjung yang ada hanya membuat judul blog menjadi kacau.

Saya sendiri lebih suka menggunakan kata “kalian”, karena menurut saya kesannya tidak terlalu formal dan tidak terlalu santai.

Contoh: “6 Cara Mudah yang Dapat Kalian Lakukan untuk Membuat Judul Artikel yang Menarik

5. Perhatikan Keyword

Judul artikel adalah salah satu faktor terpenting dalam SEO.

Maka dari itu, jangan sampai judul artikel yang kalian gunakan jadi sepi pengunjung karena kalian lupa memperhatikan keywordnya.

Judul artikel yang mengandung keyword yang tepat dapat meningkatkan ranking suatu artikel dan membuatnya mendapat lebih banyak diklik.

Saat saya mencari beberapa referensi tentang tips menulis judul artikel, saya sempat menemukan beberapa blog yang menyarankan untuk menggunakan judul yang pendek atau singkat dengan tujuan agar mendapatkan hasil yang lebih variatif.

Entah benar atau tidak, yang jelas saya lebih menyarankan untuk membuat judul artikel yang lumayan panjang atau istilahnya “Long Tail Keywords

Karena menurut saya percuma juga kalau artikel berhasil masuk jajaran top 10 Google, tapi hanya mendapat sedikit klik karena judul yang singkat tadi.

Sekarang tinggal bandingkan saja.

Cara Menulis Judul Artikel” dibandingkan dengan “6 Cara Mudah Menulis Judul Artikel yang Mampu Menarik Pengunjung

Mana yang menurut kalian mampu menarik lebih banyak pengunjung? kalau menurut saya sih yang kedua. Judul kedua juga memiliki semua kata kunci yang dimiliki oleh judul pertama, yang artinya judul kedua juga memiliki potensi yang baik dalam search engine.

6. Gunakan Angka

Menambahkan angka ke dalam judul artikel dapat membuatnya menjadi lebih spesifik yang tentunya sangat dibutuhkan pengunjung.

Angka juga dapat membuat judul artikel kalian menjadi lebih menjanjikan. Maksudnya menjanjikan? dengan menggunakan angka, kalian tidak akan mengecewakan pengunjung kalian karena artikel yang mungkin kurang lengkap. Pengunjung akan langsung tahu seberapa lengkap artikel kalian hanya dengan melihat judulnya saja tanpa perlu repot-repot membukanya.

Bagi saya, menggunakan angka lebih baik dari menggunakan kata “beberapa”. Mengapa? karena menurut saya, kata “beberapa” lebih mengartikan ke sesuatu yang sedikit, seperti 2 atau 3. Berbeda dengan angka yang dapat mencakup suatu bilangan dalam jangkauan yang sangat luas.

Seperti yang saya gunakan pada artikel ini. Saya menggunakan angka 6 untuk memberitahu pengunjung bahwa saya memberikan 6 tips.

Leave a reply "6 Cara Mudah Menulis Judul Artikel yang Mampu Menarik Pengunjung"